Jumat, 18 Maret 2011

Apa itu Komoditi?

Komoditi dapat diartikan sebagai berikut :
- Sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.
- Secara lebih umum, suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.

Contoh komoditi :
- Emas
- Platinum
- Palladium
- Silver
- Minyak (yang dimaksud minyak disini tuh minyak mentah lho ya... bkn minyak goreng. wkwkwkwk...)

Kalau di sektor komoditi, para trader biasanya trading di minyak dan emas. Mungkin anda bertanya kenapa mereka cuman trading di 2 barang itu...
Itu disebabkan karena para investor selain menanamkan modalnya di property / tanah, emas dan minyak menjadi salah satu investasi yang menguntungkan di mata investor.
Emas dianggap menguntungkan karena harganya dari minggu ke minggu (bahkan bulanan & tahunan) cenderung naik, begitupun dengan minyak.

Kalau tidak percaya, silahkan dilihat grafiknya...

 
 Tapi memang untuk trading emas dan minyak, biasanya investor memasang jangka panjang (bisa bulanan / tahunan), dan deposit (invest awal) yang dibutuhkan juga besar, minimal 300 juta.
Anda juga pasti bertanya kenapa dana yang dibutuhkan besar (hampir sama seperti index)... Itu dikarenakan agar tahanan saat uang itu terseret (floating / minus), tidak membuat margin levelnya menjadi merah.
Kalau margin levelnya menjadi merah (dibawah 100%), anda tidak bisa membuka posisi baru (baik buy/sell), sampai margin levelnya kembali normal (diatas 100%).

Nahh... jadi jika anda para investor berminat untuk bermain komoditi (entah itu emas / minyak), anda harus bersiap-siap untuk merogoh yang cukup lumayan (hehe...).Tapi anda tentu sudah tahu alasannya bukan???
Tapi tentu saja keuntungan yang didapatkan besar sekali, bahkan bisa melebihi invest awal anda.
SO... ARE U READY TO TRADE COMMODITY...?

1 komentar:

  1. saya juga bekerja di agensi saham di kota kinabalu sabah.. sila hubungi saya di email sophianrazali@gmail.com, kita mungkin bisa bekerjasama untuk masa depan...

    BalasHapus